Jakarta – Empat perguruan tinggi Indonesia berhasil masuk jajaran Top 100 kampus terbaik di Asia berdasarkan pemeringkatan Webometrics yang menggunakan empat indikator pengukuran di internet, yaitu Visibility, Size, Rich Files, dan Scholar.

Visibility diukur dengan Yahoo external link. Size dengan jumlah halaman web yang terindeks di search engine. Rich File dengan jumlah file yang terindeks di Google, dan Scholar dengan jumlah paper di Google Scholar.

Seperti detikINET kutip dari keterangan Webometrics, Jumat (23/7/2010), pada edisi Juli 2010 ini, search engine Bing milik Microsoft tidak digunakan oleh Webometrics untuk sementara waktu karena ketidakstabilan hasil pencarian selama periode pengambilan data.

Adapun empat perguruan tinggi Indonesia yang berhasil masuk Top 100 Asia adalah Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), dan Universitas Gunadarma. Mereka berurutan menempati peringkat ke-56, 61, 84, dan 88.

Sedangkan peringkat pertama Asia masih ditempati oleh University of Tokyo dari Jepang. Sementara posisi kedua dan ketiga ditempati University of Hong Kong dan Kyoto University, Jepang

Untuk wilayah ASEAN, ITB, UGM, UI, dan Gunadarma juga berhasil mewakili Indonesia di posisi Top 20. Sedangkan tiga besar universitas peringkat teratas ASEAN masih ditempati oleh National University of Singapore (NTU), Kasetsart University, dan Chulalongkorn University dari Thailand.

Webometrics yang hadir sejak 2004 selalu memberikan update peringkat kampus terbaik setiap awal semester, Januari dan Juli. Tujuannya untuk mendorong komunitas akademik agar mempublikasikan hasil karyanya melalui internet.

Pada edisi Juli 2010 ini, Webometrics melakukan penilaian terhadap 18 ribu perguruan tinggi di seluruh dunia. Kali ini, ada 140 perguruan tinggi dari Indonesia yang masuk pemeringkatan. Meningkat pesat dibandingkan sebelumnya, di mana hanya 42 kampus Indonesia yang masuk Top 6000 dunia.

Baru-baru ini, lembaga 4ICU juga mengeluarkan temuan serupa dengan Webometrics untuk pemeringkatan World-Class University di dunia maya. Mayoritas kampus yang terpilih masih berasal dari perguruan tinggi negeri. Sedangkan untuk kampus swasta hanya Gunadarma dan Universitas Kristen Petra.

Berikut adalah cybermetrics peringkat 10 besar perguruan tinggi Indonesia yang dirilis Webometrics untuk edisi Juli 2010:

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)
2. Universitas Gadjah Mada (UGM)
3. Universitas Indonesia (UI)
4. Universitas Gunadarma
5. Universitas Kristen Petra
6. Institut Pertanian Bogor (IPB)
7. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)
8. Universitas Airlangga (UNAIR)
9. Universitas Diponegoro (UNDIP)
10. Universitas Sebelas Maret (UNS)

About these ads